Kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010

Sebanyak 32 tim akan berkompetisi dalam Piala Dunia FIFA 2010, dengan satu tempat dialokasikan untuk tuan rumah, Afrika Selatan. Dalam proses kualifikasi Piala Dunia FIFA 2010, enam konfederasi FIFA mendapat pembagian jatah untuk 31 tempat tersisa. Distribusinya adalah sebagai berikut:[1]
  • Eropa (UEFA): 13 tempat
  • Afrika (CAF): 5 tempat (+ Afrika Selatan yang terkualifikasi secara otomatis sebagai tuan rumah, total menjadi 6 tempat)
  • Amerika Selatan (CONMEBOL): 4 atau 5 tempat
  • Asia (AFC): 4 atau 5 tempat
  • Amerika Utara dan Tengah, Karibia (CONCACAF): 3 atau 4 tempat
  • Oseania (OFC): 0 atau 1 tempat

Jumlah alokasi tempat untuk UEFA dan CAF telah dijamin tidak akan berubah, sementara jumlah alokasi tempat untuk konfederasi lainnya tergantung pada pertandingan play-off antara tim-tim yang menempati tempat tertinggi turnamen kualifikasi namun tidak terjamin secara otomatis mendapat tempat di final:

  • tempat ke-4 CONCACAF v tempat ke-5 CONMEBOL
  • tempat ke-5 AFC v pemenang OFC

Di penghujung pendaftaran, pada 15 Maret 2007, 204 dari 208 anggota FIFA disertakan dalam kompetisi kualifikasi awal. Afrika Selatan ikut serta di antara tim-tim ini, karena prosedur kualifikasi di Afrika sekaligus juga sebagai kualifikasi Piala Afrika 2010.

Hanya tiga anggota AFC: Brunei, Laos dan Filipina gagal mendaftar untuk turnamen tersebut.

Bhutan diperbolehkan ikut pada menit-menit terakhir, dan diikutsertakan dalam pengundian awal untuk wilayah Asia, Papua Nugini didiskualifikasi dari kompetisi awal wilayah Oseania, sementara Brunei dan Filipina ditolak keikutsertaannya (gagal memenuhi tenggat waktu pendaftaran). Jumlah akhir tim yang mengikuti kompetisi awal ini memecahkan rekor jumlah 199 peserta dalam kualifikasi Piala Dunia FIFA 2002.[2] Namun, lima tim mengundurkan diri tanpa memainkan sebuah pertandingan pun: Bhutan, Republik Afrika Tengah, Eritrea, Guam yang seharusnya menghadapi Indonesia, dan São Tomé dan Príncipe.




Tim-tim yang lolos

Zone Afrika (CAF)

Kualifikasi Zone Afrika adalah sekaligus merupakan kualifikasi untuk Kejuaraan Piala Afrika. Ada tiga ronde, tim pemenang dari masing-masing lima grup kompetisi penuh akan masuk dalam putaran final Piala Dunia.

  1. Afrika Selatan (sebagai tuan rumah)
  2. Ghana
  3. Pantai Gading/Cote d'Ivoire
  4. Nigeria
  5. Kamerun
  6. Aljazair (mengalahkan Mesir 1-0 dalam play-off di Khartoum)

Zone Amerika Selatan (CONMEBOL)

Kualifikasi berbentuk kompetisi penuh bagi semua tim peserta. Urutan ke-1—4 langusng masuk putaran final. Urutan ke-5 menghadapi urutan ke-4 zone CONCACAF dalam pertanidngan play-off.

  1. Brasil
  2. Paraguay
  3. Cile
  4. Argentina
  5. Uruguay (mengalahkan Costa Rica dalam play-off)

Zone Amerika Utara, Tengah, Karibia (CONCACAF)

Kualifikasi dalam empat ronde (putaran). Putaran terakhir berupa kompetisi penuh dari enam tim terbaik. Tiga teratas langsung masuk kualifikasi, urutan keempat ditentukan keikutsertaannya dalam play off melawan urutan ke-5 Zone Amerika Selatan.

  1. Amerika Serikat
  2. Meksiko
  3. Honduras

Zone Asia (AFC)

  1. Australia
  2. Jepang
  3. Korea Selatan
  4. Korea Utara

Zone Eropa (UEFA)

Kualifikasi zone ini membagi tim-tim peserta menjadi sembilan grup, juara grup langsung masuk putaran final di Afrika Selatan. Empat tim akan ditentukan melalui play off di antara delapan tim terbaik dari posisi kedua.

  1. Italia
  2. Jerman
  3. Denmark
  4. Serbia
  5. Spanyol
  6. Inggris
  7. Belanda
  8. Swiss
  9. Slovakia
  10. Slovenia (mengalahkan Rusia dalam play off, seri agregat tetapi membuat gol di tandang)
  11. Portugal (mengalahkan Bosnia-Herzegovina dalam play off, menang agregat)
  12. Yunani (mengalahkan Ukraina dalam play off, menang agregat)
  13. Prancis (mengalahkan Irlandia dalam play off, menang agregat)

Zone Oceania

  1. Selandia Baru (mengalahkan Bahrain dalam play off, menang agregat)
Related Posts with Thumbnails